Senin , 18 Juni 2018

Anies Dihalangi Dampingi Jokowi, GL PRO 08 Kecam Protokoler Presiden

 

 

 

Gubernur DKI Anies Baswedan saat nonton final piala Presiden 2018 di GBK.

 

Thejak.co-Dihentikannya langkah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat hendak mendampingi Presiden Jokowi melakukan penyerahan Piala Presiden ke tim Persija, Sabtu (17/2/2018), menuai respon dari berbagai kalangan.

Presidium Gerakan Laskar Pro 08 (GL PRO 08), Jimmy CK, mengecam keras tindakan yang dilakukan oleh panitia atau protokoler tersebut.

“Kami dari GL PRO 08 mengecam keras tindakan protokoler Presiden. Tindakan tersebut tentu sangat merendahkan harkat dan martabat seorang pemimpin. Karena bagaimanapun juga, Anies adalah pemimpin pilihan rakyat,” katanya di Jakarta, Minggu (18/2).

Ia menegaskan, insiden ini melanggar UU Nomor 9 Tahun 2010 Pasal 9 dan 13 tentang Keprotokoleran. Dan, lanjut dia, panitia harus minta maaf secara terbuka ke publik atas insiden itu.

“Panitia tentu harus meminta maaf atas adanya insiden ini. Karena sikap ini jadi bagian dan tercatat dalam sejarah. Jika tidak, kami dari GL Pro siap bergerak, bahkan untuk menemui pihak Presiden, sekalipun” kata dia.

Dirinya menduga, adanya dalang dalam peristiwa ini.

“Ini pasti ada dalangnya. Dalangnya pasti orang yang berkuasa. Karena, ga mungkin protokoler akan bertindak seperti itu kalau tak disuruh oleh atasannya,” terang dia.

Untuk diketahui, insiden itu bermula saat Gubernur Anies Baswedan berada di deretan belakang ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan untuk menyerahkan medali kepada skuat Persija Jakarta usai menaklukkan Bali United 3-0 di  stadion Gelora Bung Karno, kemarin malam.

Baru saja mau turun dari tribun VVIP untuk ikut mendampingi Presiden Jokowi, seorang lelaki berbaju safari menghentikan langkah Anies. Anies merupakan gubernur Jakarta yang berpasangan dengan Sandiaga Uno yang berhasil mengalahkan duet Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat memimpin Jakarta untuk periode kedua.

Dalam video yang diambil dari jarak jauh terlihat lelaki berbaju safari dan Anies terlibat percakapan. Setelah itu, Anies sendirian kembali ke tribun VVIP, sementara pejabat-pejabat yang tadinya bersamanya ikut mendampingi Kepala Negara.

Hanya beberapa saat setelah video itu tersebar di media sosial, memancing reaksi publik. Kasus itu pun menjadi berita utama di sejumlah media online sepanjang sore ini.

JJ

Share

Check Also

Untuk Pemimpin Baru 2019, APKLI Deklarasikan Poros Rakyat Kawula Alit

  Thejak.co -Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) mendeklarasikan poros Rakyat Kawula Alit indonesia Untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *